Tiga puluh tahun. Bukanlah waktu yang singkat bagi perjalanan karir Robby Ludong. Ia, dengan konsisten, bekerja di perusahaan otomotif yang hanya memasarkan merek kendaraan yang sama, Ford.
Pada 1982, Robby –begitu ia akrab disapa– telah bergabung sebagai sales & marketing manager di PT Harapan Mobil Nusantara (HMN), main distributor PT Indonesia Republic Motor Company (IRMC). HMN ini ditunjuk secara eksklusif oleh IRMC untuk mengimpor mobil Ford dalam bentuk compeletely knock down (CKD) dari Ford Motor Company di Hiroshima, Jepang, dan memasarkannya ke seluruh Indonesia.
Dua tahun berselang, tepatnya pada 1984, Robby bergabung dengan IRMC hingga akhirnya diakuisi PT Ford Motor Indonesia pada 2001.
Tak mengherankan jika pria ramah dan baik hati ini tahu betul mengenai seluk-beluk Ford. ”Saksi Sejarah” Ford di Indonesia ini menjawab dengan detail setiap pertanyaan yang dilontarkan redaksi fordlaserbogor. Berikut petikan wawancara dengan pemilik nama lengkap Robby Stefanus Ludong yang saat ini menjabat sebagai General sales manager di Ford Jakarta Timur.
Apa alasan IRMC saat itu sehingga memutuskan untuk memasarkan Ford Laser sebagai taksi?
Kami melihat ada peluang yang masih terbuka di segmen taksi. Dengan demikian kami dapat meraih volume penjualan yang cukup besar. Saat itu, Ford hanya memiliki dua line product, karena harus diimpor dalam bentuk CKD, yakni Laser dan Telstar. Keduanya tersebut adalah tipe sedan. Khusus untuk tipe Laser taksinya tidak kami pasarkan lagi ke pasaran umum.
Mulai dari tahun berapa dan sampai tahun berapa Ford Laser dipasarkan untuk taksi?
Ford Laser dipasarkan sejak tahun 1986 hingga 1998.
Bisa tolong diceritakan dari strategi bisnisnya dan keunggulan teknis mobilnya.Sebagaimana strategi awal yang diterapkan, tipe sedan yang kami pasarkan untuk taksi tidak dijual untuk umum. Tipe ini memiliki keunggulan: memiliki ruang penumpang yang lapang, mesin yang handal, dan beberapa spesifikasi teknis yang kami sesuaikan peruntukannya, yakni heavy duty. Mulai dari suspensi, break pad, radiator, serta penggunaan jok atau plafon yang mudah dibersihkan.
Berapa sih harga yang dijual ke perusahaan taksi?
Pada 1998, Ford Laser dijual di bawah harga Rp 100 juta off-the road bebas pajak barang mewah. Total penjualan rata-rata setahun mulai dari 2.400 sampai 4.000 unit.
Perusahaan taksi yang mana saja membeli Ford Laser?
Hampir 90 persen perusahaan taksi yang ada di 25 provinsi, kecuali Irian Jaya (sekarang Papua), yang kala itu menggunakan taksi sedan Ford Laser. Antara lain: Blue Bird Group, Express Taxi, Kosti Jaya, President Taxi, Zebra Taxi Surabaya, dan hampir seluruh airport taxi yang dikelola Primkopau, Primkopad, atau koperasi taksi lainnya.
Kenapa IRMC memasukkan Ford Laser taksi yang berkapasitas mesin 1.300 cc? Bukankah ada juga Ford Laser yang 1.500 cc?
Karena mesin berkapasitas 1.300 cc itu irit pemakaian bakar bakar di mana menjadi salah satu persyaratan sebagai angkutan taksi.
Benarkah Ford Laser taksi diimpor dari pabrik Toyo Kogyo, Jepang dalam bentuk CKD? Kemudian dirakit di mana?
Betul, karena pada waktu itu pabrik Toyo Kogyo di Hiroshima Jepang. Single Share Holder saham terbesar dimiliki oleh Ford Motor Company. Assembling plant yang kami gunakan awalnya di PT Indonesian Service Company. Namun karena assembling plant ini diambilalih manajemen oleh PT Astra Group, maka perakitan taksi ini dilakukan di PT Gaya Motor dan PT Nasional Assembler. Kemudian berlanjut ke PT Alun dan PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia. Untuk memenuhi permintaan kendaraan Ford pada saat itu, pada dasarnya kami selalu menggunakan dua assembler untuk merakit unit Ford Laser dan Ford Telstar.
Selain Ford Laser, Ford apa yang dipasarkan IRMC?
Untuk pemasaran retail, kami mulai memasarkan Laser Ghia 1.300 cc dan 1.500 cc, baik yang 4 pintu maupun yang 5 pintu. Berlanjut dengan Ford Laser TX3 1.600 cc dengan 3 pintu.
Kemudian kami memasarkan Ford Sonic 1.300 cc 4 pintu, Ford Gala 1.600 cc 4 pintu dan Ford Champ 1.800 cc 5 pintu liftback. Selanjutnya, Telstar GL 1.800 cc 4 pintu dan Telstar TX5 2.000 cc 5 pintu liftback.
Dari seluruh tipe Ford tersebut, kami impor dari Jepang berupa CKD. Dan Ford Champ 1.800 cc paling laku terjual. Lebih kurang 1.000 unit.Dan yang terakhir, kami memasarkan Ford Laser Lynx 1.600 cc dan 1.800 cc 4 pintu, Telstar Ghia 2.000 cc 4 pintu, dan Telstar Challenge 2.000 cc 5 pintu liftback.
Bagaimana komentar bapak tentang fordlaserbogor?
Sangat bagus, karena fordlaserbogor sudah turut mempertahankan nama besar Ford di Indonesia. (FLB)
Sangat bagus, karena fordlaserbogor sudah turut mempertahankan nama besar Ford di Indonesia. (FLB)
SUMBER:http://www.fordlasercommunity.org/
bolavita agen judi bola online terpercaya dan merupakan polopor judi online yang menyediakan permainan bandar bola
ReplyDeletedengan minimal deposit 50rb dan minimal parlay 13rb silahkan dicoba dapat penawaran menarik dari kami.
Wechat : Bolavita
WA : +6281377055002
Line : cs_bolavita
BBM PIN : BOLAVITA ( Huruf Semua )